Warung Kopi Bangalore Gabungkan Kopi dan Konsep Kreatif

Budaya minum kopi sambil bergaul kini sudah menjadi tren di Bangalore, India, terutama di kalangan kawula muda. Banyak warung kopi kini sudah bukan lagi sekadar tempat untuk memesan berbagai macam seduhan kopi, namun juga menjadi tempat bergaul layaknya kafe waralaba seperti Starbucks. Akan tetapi, banyak di antara warung kopi ini yang memiliki konsep lebih kaya dari sekadar tempat duduk-duduk; beberapa di antara mereka malah menggabungkan konsep warung kopi dengan galeri seni, tempat bersantai dengan hewan peliharaan, bahkan tempat mengeksplorasi seni dan hobi.

Warung Kopi sebagai Tempat Pegiat Hobi

Beberapa warung kopi di Bangalore sukses menggaet para pecinta hobi dan minat tertentu. Misalnya, ada kafe bernama Leaping Windows yang sangat terkenal di kalangan pecinta komik, kafe ini memajang lemari buku berisi berbagai komik sebagai interior sekaligus fasilitas bagi pengunjung. Atau, jika Anda pecinta hewan dan ingin membawa hewan peliharaan kesayangan untuk minum kopi bersama, terdapat Courtyard Café. Kafe ini mengizinkan pengunjung membawa hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Selain itu, dekorasi kafe yang menarik dengan unsur seni semakin menambah keasyikan suasana nongkrong.

Lain lagi dengan Om Made Café; walau menawarkan suasana warung kopi modern yang sangat bergaya anak muda, kafe ini justru memiliki daya tarik alami, yaitu pemandangan matahari terbenam  yang bisa dinikmati dari meja-meja di ruangan berbentuk dek. Sementara itu, DYU Art Café menawarkan suasana minum kopi di tengah era tahun 60-an, lengkap dengan lantai merah dan atap batanya.

Warung Kopi dan Ekspresi Seni

Beberapa warung kopi di Bangalore menjadikan tempat usaha mereka sebagai lokasi untuk memamerkan karya seni buatan seniman lokal, dan bahkan mendorong pengunjung untuk bukan hanya menikmati seduhan kopi, melainkan juga ikut berkreasi.

Bistro Claytopia merupakan warung kopi yang kini sedang naik daun di kalangan pecinta kopi yang ingin berkreasi dengan keramik. Kafe yang dikelola Fathima Rizwan ini tidak hanya menyediakan bermacam kopi, namun juga kesempatan bagi para pengunjung untuk mencoba mengecat dan melukis pot keramik polos yang disediakan kafe, dan bahkan belajar membuat keramik sendiri. Selain pot keramik, Bistro Claytopia juga menyediakan ornamen keramik polos seperti bros, pajangan  dan sebagainya, yang bisa dipesan oleh pengunjung untuk dicat, dibakar di tempat oleh para staf kafe, lantas dibawa pulang oleh pengunjung tersebut.

Coffee on Canvas lain lagi. Di sini, pengunjung bisa menikmati kopi di meja kaca yang di bagian bawahnya diletakkan lukisan dan sketsa buatan seniman lokal, sehingga pengunjung bisa minum sambil menikmati keindahan karya seni di meja mereka. Selain buatan seniman lokal, karya seni yang dipajang di bawah meja dan interior kafe juga merupakan kontribusi pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *