Secangkir kopi hitam mampu berikan 10 manfaat manis ini

Merdeka.com – Kopi merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia. Bahkan bisa dibilang kopi lebih populer dibandingkan dengan teh.

Kandungan kafein di dalam kopi membuat minuman ini tinggi akan manfaat sehat seperti membantu meningkatkan memori, meningkatkan metabolisme yang membantu penurunan berat badan, dan yang paling penting mampu membuat tubuh Anda tetap fit.

Karena kopi tinggi akan manfaat sehat, maka para ahli kesehatan pun menyarankan agar Anda minum kopi tidak dengan gula. Memang akan berasa pahit, namun ternyata minum kopi pahit bermanfaat untuk kesehatan seperti berikut ini.

Meningkatkan memori
Minum kopi hitam ternyata bermanfaat untuk meningkatkan memori Anda. Sebab kafein di dalamnya bermanfaat untuk mengaktifkan saraf dalam otak. Sehingga selain menguatkan memori juga dapat mencegah demensia.

Membuat Anda cerdas
Selain mampu meningkatkan memori, minum kopi hitam juga dapat membuat Anda cerdas. Hal ini disebabkan karena kafein adalah stimulan psikoaktif yang bereaksi dengan tubuh dan dapat meningkatkan mood, energi, serta fungsi kognitif Anda.

Membersihkan pencernaan
Kopi merupakan minuman yang bersifat diuretik sehingga dapat membuat Anda sering mengalami buang air kecil. Oleh karena itu minum kopi pahit dapat membantu membersihkan pencernaan Anda dengan cara membuang racun dan bakteri dalam perut serta saluran kencing.

Menurunkan berat badan
Salah satu manfaat terbaik dari kopi tanpa gula adalah membantu dalam menurunkan berat badan dengan cepat. Sebab kopi pahit dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sebanyak 50%. Minum kopi hitam pun dapat membakar timbunan lemak dalam perut.

Menguatkan jantung
Tahukah Anda bahwa minum kopi hitam dapat menguatkan jantung Anda? Hal ini disebabkan karena kopi mampu mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan membuat jantung Anda kuat.

Menguatkan tubuh
Kopi adalah minuman yang tinggi akan zat antioksidan. Secangkir kopi mengandung vitamin B2, B3, dan B5 serta mangan, magnesium, dan kalium. Semua nutrisi tersebut bermanfaat untuk menguatkan dan memberikan suntikan energi pada tubuh.

Mengurangi risiko diabetes
Minum kopi tanpa gula ternyata bermanfaat untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2. Jadi, jika Anda memiliki garis keturunan yang menderita diabetes sebaiknya minum kopi hitam secara rutin.

Mencegah kanker
Ucapkan selama tinggal pada risiko kanker dengan minum dua cangkir kopi hitam tanpa gula. Hal ini disebabkan karena kopi mengandung sifat anti kanker yang membantu menurunkan risiko kanker kolorektal dan kanker hati hingga 40%.

Memperpanjang usia
Salah satu manfaat terbaik dari minum kopi tanpa gula adalah dapat menjaga pikiran dan tubuh Anda supaya tetap muda. Bahkan minum kopi hitam dua kali sehari bisa mencegah penyakit Parkinson sebab kafein dapat meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh.

Meningkatkan mood
Ingin meningkatkan mood dengan cepat? Minumlah secangkir kopi hitam. Selain dapat meningkatkan mood, minum kopi hitam juga menjadi cara yang sehat untuk melawan depresi.

 

Tulisan : Febrianti Diah Kusumaningrum

Ilustrasi kopi. ©Shutterstock.com/Denis Vrublevski

www.merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *