Oceania – Papua New Guinea (PNG) Negara Penghasil Kopi

Kopi yang diproduksi di Papua New Guinea mempunyai karakter tekstur yang tebal, low-to-medium acidity, dan herbal, wooden, dan bercitarasa tropical  atau tobacco.

Kebanyakan kopi di PNG dibudidayakan oleh petani kecil di halaman rumah dan beberapa mempunyai pertanian sendiri, dan beberapa dengan skema pembudidayaan yang lebih luas. Di dataran tinggi PNG umumnya kopi bervarietas Arabika, seperti jenis Bourbon, Arusha dan Mundo Novo. Duapertiga juta orang PNG bermatapencaharian di industri kopi. PNG mempunyai banyak kesempatan untuk memperluas pertanian kopinya dan mendapatkan hasil kopi dengan kualitas yang baik.

Fakta kopi di Papua New Guinea

Persentase ekspor untuk pasar luar negeri Tipe utama kopi Waktu panen Proses pasca panen Peringkat dunia sebagai produsen kopi
0,7% Arabika -95% (Typica, bourbon, Arusha, Blue Mountain, Mundo Novo)

Robusta – 5%

 

April – September

 

Giling basah dan Washed Peringkat 17 sebagai produsen kopi dunia

 

Daerah di Papua New Guinea yang terkenal sebagai penghasil kopi

  1. Dataran tinggu sebelah utara PNG : dengan ketinggian mencapai 1.500 – 1.900 mdpl, dengan daerah yang curah hujannya tinggi, terdapat tanaman kopi terbaik dengan citarasa yang kompleks.
  2. Enga dan dataran tinggi sebelah barat PNG : daerah memiliki iklim yang kering, dengan ketinggian 1.200 – 1.800 mdpl, mempunyai karakter kopi yang low acidity, herbal, nutty notes.
  3. Chimbu dan Jiwaka : ketinggian di daerah ini antara 1.600 – 1.900 mdpl, kopi terbaik yang dapat ditemukan di daerah ini adalah kopi dengan karakteristik bright dengan gentle fruiy notes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *