Oceania – Australia Negara Penghasil Kopi

Karakter citarasa dari kopi Arabika di Australia cukup beragam, pada umumnya nutty, chocolatey, dan softly acidic, dengan sweetly citrus dan fruity notes.

Varietas Arabika sudah bertumbuh di Australia semejak 200 tahun lalu, tetapi industri kopi Austalia selalu menemui pasang surut. Sejak 30 tahun lalu, Australia sudah memakai teknologi mekanik untuk melakukan panen, pertanian-pertanian baru mulai bermunculan untuk menghidupkan kembali pertanian kopi di Australia, beberapa petani mulai menanam kopi di pulau Norfolk, sebelah timur pantai Australia.

Petani di pulau Norfolk membudidayakan beberapa jenis diantaranya, yang populer adalah K7, Catuai, dan Mundo Novo, disamping jenis Typica dan Bourbon yang sudah ada sebelumnya.

Fakta kopi di Australia

Persentase ekspor untuk pasar luar negeri Tipe utama kopi Waktu panen Proses pasca panen Peringkat dunia sebagai produsen kopi
0,01% Arabika -25% (K7, Catual, Mundo Novo, Typica, Bourbon) Juni – Oktober

 

Washed, Pulped, Natural Peringkat 50 sebagai produsen kopi dunia

 

Daerah di Australia yang terkenal sebagai penghasil kopi

  1. Dataran tinggi Atherton : daerah berada jauh di utara Queensland, memproduksi setengah dari produksi kopi Australia. Banyak dari petani besar di Australia dapat ditemukan didaerah ini, kopi dari daerah ini berkarakter sweet, chocolatey, dan nutty.
  2. Queensland bagian tengah dan barat daya : area yang lebih kecil dalam pertanian kopi, dan terdapat juga beberapa pengolahan kopi komersial disini. Kopi berkarakter mild, sweet, dan low acidity.
  3. Bagian sebelah utara New South Wales : dengan iklim yang lebih dingin dan ketinggian yang lebih dari daerah disekitarnya membuat biji kopi ceri matang lebih lambat. keadaan tersebut yang memperkuat citarasa dari kopi dan juga kopi di daerah ini mengandung tingkat kafein yang lebih rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *