Ngopi Serius: Mudah & Murah

Seperti yang saya cantumkan di dalam profil penulis, harapan saya ialah kopi Indonesia dengan kualitas baik dapat dinikmati oleh orang-orang Indonesia sendiri. Hal itu yang saya maksud dengan ngopi serius. Walau mungkin tidak serius-serius amat, tapi paling tidak tulisan ini bermanfaat bagi anda yang ingin naik kelas dari kopi sasetan.

Indonesia sudah sangat dikenal sebagai salah satu produsen kopi di tingkat dunia. Bahkan predikat kopi termahal pun biasanya disematkan pada kopi luwak Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa kopi adalah komoditas unggulan yang sudah selayaknya mendapat perhatian. Sayangnya, masyarakat kita sendiri lebih terbiasa mengonsumsi kopi sasetan berkualitas rendah, sementara yang berkualitas tinggi justru dinikmati orang-orang di negara lain. Ketika barrier to entry dalam menikmati kopi berkualitas ini besar, tentu kecenderungan tadi akan sulit untuk dihindari. Salah satu barrier of entry tersebut adalah anggapan bahwa untuk menikmati kopi berkualitas baik, ada harga mahal yang harus dibayar. Melalui artikel ini saya mencoba mengemukakan alternatif untuk mengikis anggapan tersebut dengan cara menyeduh kopi berkualitas di rumah.

Biji Kopi dan Grinder

Hal-hal mendasar terkait penyeduhan kopi sudah dibahas di artikel lain, jadi tidak perlu banyak diulangi di sini. Tapi anjuran nomor satu untuk menikmati kopi secara maksimal adalah dengan menggiling biji kopi sebelum penyeduhan, jadi yang kita perlukan adalah biji kopi yang sudah disangrai untuk digiling sendiri sesuai porsi yang ingin kita nikmati.

Anjuran yang kedua adalah untuk menggunakan biji kopi spesialti, umumnya dari single origin arabika seperti kopi Gayo, Mandailing, dll. Kopi single origin sekarang sudah bisa kita temukan dengan mudah di banyak pasar swalayan dengan harga yang bervariasi. Sebagai contoh, biji kopi Kalosi Toraja kemasan 200 g dari Excelso dijual dengan harga sekitar lima puluh ribu rupiah. 200 g biji kopi itu dapat diseduh menjadi 20 cangkir kopi sehingga, hitungan sederhananya, satu cangkir kopi hanya mengeluarkan biaya Rp 2.500 saja! Bandingkan jika anda memesan secangkir kopi Kalosi Toraja di sebuah kafe, harganya bisa 10 kali lipatnya atau bahkan lebih.

Lalu bagaimana dengan grindernya? Grinder kopi elektrik harganya bisa mencapai jutaan rupiah, tapi tentu tidak wajib hukumnya memiliki grinder elektrik seperti itu. Ada pilihan yang lebih murah: hand grinder dengan harga di kisaran ratusan ribu rupiah. Tidak mau keluar biaya lagi? Gunakan saja gilingan (mill) yang seringkali disertakan dalam paket pembelian blender yang mungkin sudah ada di rak dapur anda.

blue bottle coffee

Metode Penyeduhan

Tidak perlu terlalu pusing soal metode penyeduhan. Anda selalu bisa menyeduh kopi dengan cara tradisional Indonesia: tubruk!

Tidak suka pada ampas di kopi anda? Pilihan lainnya adalah menggunakan french press. Alat unik dengan prinsip kerja yang sebenarnya sederhana ini banyak tersedia dengan berbagai pilihan harga pula. Jika anggaran anda cukup leluasa, silakan pilih french press dari merek ternama seperti Bodum. Pilihan lain yang lebih terjangkau dengan kualitas yang tak kalah baiknya bisa didapat dari merek Hario. Yang lebih murah lagi pun ada, tentunya dengan kualitas yang berbeda-beda, sesuaikan saja dengan anggaran dan keinginan anda.

badum

Alternatif populer lain misalnya dripper Hario V60 untuk metode penyeduhan pour over. Dripper Hario V60 kapasitas 1-2 cangkir yang terbuat dari plastik bisa ditebus dengan harga delapan puluh ribuan rupiah, kertas saringnya sekitar 30-40 ribu per 100 lembar, lebih murah dibanding french press yang harganya ratusan ribu. Dripper merek lain bahkan bisa anda dapatkan dengan harga lebih rendah lagi.

 

Men’s Journal

Perlengkapan Pendukung Lainnya

Untuk menjaga konsistensi hasil seduhan, anda perlu mengukur berat (biji/bubuk) kopi dan berat/volume air dengan akurat. Alat yang paling nyaman digunakan untuk keperluan ini adalah timbangan digital, namun bila anda belum memilikinya bisa juga menggunakan alat bantu lain. Misalnya dalam paket pembelian dripper Hario V60, disertakan sendok ukur yang bisa digunakan untuk menakar banyaknya kopi yang diperlukan sehingga anda tidak perlu menimbang beratnya. Begitu juga untuk volume air, gunakan saja gelas ukur yang banyak tersedia di pasar swalayan dengan harga sangat terjangkau sebagai gantinya.

Penutup

Saya tidak mengatakan bahwa meminum kopi sasetan itu salah. Saya juga tidak mewajibkan semua orang menikmati kopinya dengan cara yang sama. Kalau anda kesulitan menggiling kopi karena ketiadaan alat, silakan beli kopi bubuk yang sudah digiling. Hanya saja, ada baiknya mencoba kopi bubuk dengan kualitas di atas kopi sasetan biasa.

Saya menganggap bahwa kopi itu personal layaknya selera yang sangat boleh berbeda dari orang ke orang. Banyak yang berpendapat bahwa cita rasa asli kopi hanya bisa didapat dari kopi hitam tanpa gula. Kalau rasa pahit kopi seduhan kurang cocok dengan selera anda, tak ada salahnya menambahkan gula. Tapi mungkin karena gula pasir biasa dianggap mengintervensi, kalau tidak boleh disebut merusak, rasa asli kopi, anda bisa mencoba gula jawa sebagai gantinya. Sah-sah saja juga bila anda ingin menambahkan susu atau krimer ke dalam cangkir kopi anda. Sesekali cobalah kopi hitam tanpa gula untuk benar-benar merasakan kopinya. Kopi yang diseduh dengan baik tidak akan terlalu pahit, justru rasa pahitnya menjadi pelengkap yang sempurna dari berbagai rasa dan aroma yang muncul di hasil seduhannya. Jangan salah, lama-lama anda bisa ketagihan juga!

Jadi, dengan menyadari bahwa banyak produk kopi Indonesia yang memiliki kualitas jauh di atas jenis-jenis kopi sasetan yang umum dikonsumsi, anda tidak akan ketinggalan dari orang-orang di luar Indonesia yang justru menikmati dan sangat menghargai kopi kita. Dan untuk mendapatkan cita rasa istimewa kopi Indonesia, tersedia banyak pilihan yang tidak selalu mahal harganya. Ingat saja bahwa setelah alat dan bahan yang mendasar tersedia, tentu anda bisa menambah kelengkapan coffee bar secara bertahap untuk menambah keasyikan ngopi serius anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *