Kopi Java di Kathmandu – Nepal

Oleh-oleh saya ke Kathmandu Nepal minggu kemarin, sekilas mengenai Nepal,  budaya nya perpaduan India dan Turki sehingga banyak kedai kopi yang cara buat kopinya mirip banget dengan cara membuat kopi Ulee Kareeng Di Banda Aceh. Hanya penjual nya lebih banyak ibu-ibu. Mereka berjualan di pinggir jalan. Ada beberapa kedai kopi Nepal yang terasa seperti Tanah air – tepatnya di Banda Aceh.

Akhirnya bertemu dengan Coffee Shop yang paling oke di sini, tempatnya biasa sekali, hanya memakai kipas angin. Coffee shop ini berdiri pada tahun 1999. Ramai sekali dan tempat nya lumayan luas , untuk sampai di coffee shop yang dimaksud, kita harus masuk gang terlebih dahulu. Dan yang agak mengherankan adalah nama coffee shop nya, memakai nama “Java” yang kalau kita orang Indonesia menyebutnya sebagai “Jawa”. Nggak sempet ngobrol-ngobrol dengan baristanya mau nanya kenapa pake kata “Java” di tengahnya itu, sehingga pulang dengan tangan hampa mengenai sejarah coffee shop tersebut.

Yang terasa hanya rasa bangga, ternyata kopi Jawa kita ada di Kathmandu Nepal. Proud of Indonesia Coffee 👏👏👏👏
Konsep coffee shop nya mirip sekali dengan kedai kopi anomali di Indonesia . Mereka pun mempunyai sekolah barista dan roastery. Metode seduh kopinya beraneka ragam,  ada manual brewing V60, french press, chemex dan syphon. Selebih nya mereka adopsi konsep dari Starbucks. (dyah/mlg)

Join Link WA ini untuk menulis kegiatan kopi di kota mu atau pengalamanmu agar dimuat di website kami

One thought on “Kopi Java di Kathmandu – Nepal

  • August 19, 2018 at 10:06 am
    Permalink

    Wow. Keren. Kopi asal indonesia udah ada di luar negeri

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *