Indonesia – Sumatera Negara Penghasil Kopi

Sumatera adalah salah satu pulau besar yang ada di Indonesia, citarasa kopi di daerah Sumatera dapat bercitarasa wooden notes, heavy textures, low acidity, dan rasa yang bervariasi dari earthy, cedary, dan spicy, sampai dengan rasa fermented fruit, cocoa, herbs, leather dan tobacco.

Indonesia kebanyakan memproduksi  Robusta dan proporsi yang kecil dalam memproduksi Arabika. Pertanian kopi pertama di Sumatera ada pada tahun 1888, saat ini daerah Sumatera sebagai daerah terbesar penghasil kopi robusta di Indonesia, hampir 75% total produksi kopi Indonesia dihasilkan di Sumatera.

Varietas Arabika, jenis Typica adalah yang banyak ditemukan di Sumatera, beberapa jenis lain seperti jenis Bourbon, S-line Hybrids, Caturra, Catimor, Hibrido de Timor (TimTim) dan garis varietas Ethiopian  yang seringkali disebut Rambung dan Abyssinia juga dapat tumbuh di Sumatera. Petani kopi seringkali membudidayakan beberapa jenis kopi secara bersamaan, hal itu dikarenakan banyaknya varietas yang ada di Sumatera.

Air di daerah ini bisa menjadi langka, sehingga kebanyakan petani menggunakan metode pasca panen tradisional yang sering disebut “Giling Basah” , kopi dengan proses ini akan menjadi berwarna biru kehijauan. Sayangnya, metode “Giling Basah” dana mengakibatkan cacat pada biji kopi.

Fakta kopi di pulau Sumatera

Persentase ekspor untuk pasar luar negeri Tipe utama kopi Waktu panen Proses pasca panen Peringkat dunia sebagai produsen kopi
7% Robusta – 75%

Arabika -25% (Typica, Caturra, Bourbon, Catimor)

Arabika : Oktober – Maret

 

Giling basah dan Washed Peringkat 3 sebagai produsen kopi dunia

 

Daerah di Sumatera  yang terkenal sebagai penghasil kopi

  1. Aceh : daerah di utara Sumatera ini tempat bertumbuhnya kopi di sekitaran pegunungan Gayo, Takengon, dan Danau Laut Tawar. Pertanian kopinya berada di ketinggian 1.100 – 1.300 mdpl.
  2. Lintong : pertanian kopi disekitar Danau Toba ini berada di ketinggian 1.200 – 1.500 mdpl. Produksi kopi tersebar dari daerah Lintong Nihuta sampai Sidikalang, daerah ini juga sebagai salah satu penghasil kopi Arabika terbaik di dunia.
  3. Lampung : daerah paling selatan di daerah Sumatera ini adalah salah satu penghasil kopi varietas terbesar di daerah Sumatera. Dengan iklim yang kondusif bagi tanaman kopi dan ketinggian 400 – 700 mdpl.
  4. Daerah Barat Daya Sumatera : daerah penghasil kopi di daerah barat daya Sumatera ini ada di Bengkulu dan Mangkuraja, salah satu area pertanian kopi baru, menghasilkan kopi Robusta dengan proses pasca panen Giling basah dan natural.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *