Indonesia – Sulawesi Negara Penghasil Kopi

Dibanding daerah lain di Indonesia, Sulawesi adalah pulau di Indonesia yang membudidayakan banyak tanaman Arabika. Kopi varietas Arabika dengan citarasa dari grapefruit, berries, nuts, dan spices. Kopi sering bercitarasa savoury, dan kebanyakan mempunyai acidity yang rendah dan tekstur yang ringan.

Sulawesi menyumbang sekitar 2% dari tanaman kopi di Indonesia, dengan perhitungan kasar, Sulawesi memproduksi sebesar 7000 ton kopi varietas Arabika per tahunnya. Sebagian kecil Robusta juga tumbuh di Sulawesi, tetapi kopi Robusta ini lebih besar untuk dikonsumsi didalam negeri, dibandingkan untuk diekspor.

Sulawesi mempunyai tanah dengan unsur hara yang tinggi, di Sulawesi banyak tumbuh pohon kopi dengan jenis Typica, S 795, dan jenis Jember. Kebanyakan petani kopi di Sulawesi adalah petani kopi skala kecil, hanya sekitar 5% dari populasi petani kopi Sulawesi adalah petani besar, “Giling basah” menjadi teknik tradisional dalam proses pasca panennya.

Banyak dari petani kopi di Sulawesi dibantu pelatihan dan pengembangannya oleh importir dari Jepang, hal ini dikarenakan Jepang sebagai pembeli terbesar dan juga investor yang menginvestasikan modalnya di Sulawesi agar importir Jepang mendapatkan kualitas kopi yang diinginkan, sesuai dengan standar pelanggan Jepang.

Fakta kopi di Pulau Sulawesi

Persentase ekspor untuk pasar luar negeri Tipe utama kopi Waktu panen Proses pasca panen Peringkat dunia sebagai produsen kopi
7% Arabika -95% (Typica, S 795, Jember)

Robusta – 5%

 

Juli – September

 

Giling basah dan Washed Peringkat 3 sebagai produsen kopi dunia

 

Daerah di Sulawesi yang terkenal sebagai penghasil kopi

  1. Mamasa : sebelumnya, daerah ini kurang dikenal sebagai penghasil kopi. Dengan varietas Arabika, rasa yang clean dapat menarik pembeli kopi specialty.
  2. Gowa dan Sinjal: berada di selatan pulau Sulawesi, area ini memproduksi kopi dengan hasil yang sangat minim, dan hampir 40% nya menghasilkan Robusta. Eskpor kopi Sulawesi biasanya melalui pelabuhan Gowa.
  3. Tana Toraja : Masih dibagian selatan Sulawesi, daerah Tana Toraja menghasilkan kopi terbaik di pulau Sulawesi, dengan ketinggian 1.100 – 1.800 mdpl. Kopi di daerah ini dinamakan sesuai dengan yang diberikan penduduk Toraja.
  4. Enrekang : pusat dari daerah ini adalah di Kalosi, dan banyak kopi dari daerah ini dinamakan sesuai dengan tempat / pasar dimana dijual kopi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *