India Negara Penghasil Kopi

Kopi Arabika dan Robusta yang berasal dari India, populer untuk persiapan dalam pembuatan espresso, karena mereka mempunyai heavy-bodied dan rendah dalam acidity. Ada beberapa daerah dengan citarasa kopi yang harus diexplorasi lagi, dan eksportir harus lebih bersemangat untuk lebih menjelajah daerah India.

Tanaman kopi di India umumnya tumbuh dibawah naungan pohon yang lebih besar darinya, seperti pohon lada, kapulaga, jahe, jeruk, panili, pisang, mangga dan nangka. Proses pasca panen yang digunakan oleh para petani India bukan proses pasca panen yang normal, yaitu washed dan natural, tetapi petani India menggunakan teknik lokal yang unik  yang disebut “moonsooned” (teknik dimana buah kopi dibiarkan dalam cuaca yang lembab, berangin, sehingga buah kopi menjadi lebih bervolume dan akan mempengaruhi rasa dari kopi tersebut)

Varietas Arabika berkembang di Inia, khususnya jenis Catimor, Kent, dan S795, tetapi mayoritas tanaman kopi di India bervarietas Robusta. Ada sekitar 250.000 penanam kopi di India, rata-rata adalah petani dengan lahan kecil. Dan hampir satu juta orang di India bermata pencaharian dari kopi. Panen kopi di India untuk kopi dengan varietas Robusta adalah dua kali dalam setahun, tetapi semua kembali ke kondisi iklim.

Dalam kurun waktu 5 tahun, rata-rata produksi kopi India adalah sebesar kurang dari lima juta bags per tahun, dan hampir 80% nya diekspor keluar negeri, tetapi saat ini presentasi India mengekspor keluar negeri akan berkurang, hal ini dikarenakan masyarakat India sendiri mulai meminum kopi lokal mereka.

Fakta kopi India

Persentase ekspor untuk pasar luar negeri Tipe utama kopi Waktu panen Proses pasca panen Peringkat dunia sebagai produsen kopi
3,5% Robusta – 60 %

Arabika – 40% (Catimor, Kent, S 795, San Ramon, Caturra, Devamachy)

Robusta : Januari – Maret

Arabika : Oktober – February

 

Natural, Washed, Semi-washed dan Monsooned Peringkat 6sebagai produsen kopi dunia

 

Daerah di India yang terkenal sebagai penghasil kopi

  1. Kerala : hampir 30% kopi yang diproduksi di India berasal dari daerah ini, dan hampir sebagian kopi yang bertumbuh disini adalah dari varietas Robusta. Distrik utama penghasil kopi adalah Wayanad, Travancore, dam Palakkad, dan teknik pasca panen monsooned yang terkenal terdapat di Malabar.
  2. Tamil Nadu : daerah ini menyumbang sekitar 10% dari total produksi kopi di India, pertumbuhan antara Arabika dan Robusta di daerah ini cukup seimbang, daerah yang cukup dominan adalah di daerah bukit Servarauyan dan disekitar Nilgiris dan Kodaikanal.
  3. Karnataka : daerah di selatan India ini memproduksi hampir setengah dari total produksi kopi India, dan menghasilkan hampir 70% varietas dari Robusta. Tanaman kopi pertama yang ditanam adalah sekitar abad ke 17 di Chikkamagaluru.
  4. Daerah timur India : wilayah Andhra Pradesh dan Odisha adalah area pertanian kopi baru yang terdapat di timur India, daerah ini menyumbang sekitar 6% dari total produksi kopi Nasional, dan kesemuanya dari varietas Arabika.
  5. Wilayah timur laut : dari ini juga termasuk lahan pertanian kopi baru yang banyak menghasilkan kopi Arabika dan menyumbang 2 % dari total produksi kopi nasional.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *