Chemex, Alat Kopi Favorit James Bond

Ingin tahu cara minum kopi ala tokoh spionase Inggris James Bond? Dalam salah satu novel James Bond karya Ian Fleming, From Russia with Love, diceritakan bahwa sang spionase Inggris itu sangat suka minum dua cangkirĀ  kopi hitam tanpa gula yang diseduh dengan penyeduh (brewer) bermerek Chemex. Kini, penyeduh kopi merk ini menjadi salah satu yang paling populer di kalangan pecinta kopi; selain karena kepopulerannya sebagai penyeduh kopi favorit James Bond, Chemex juga dikenal akan kualitasnya dan telah diproduksi sejak 1941.

Chemex: Penyeduh Kopi Manual Berkualitas

Penyeduh Chemex, yang kini diproduksi di Amerika Serikat, memiliki tampilan khas. Berbentuk mirip jam pasir dengan aksen kayu dan kulit di tengahnya, Chemex memiliki reputasi baik bukan hanya karena bentuk uniknya, namun juga karena seduhan kopinya memberi rasa maksimal dari ekstrak biji kopi. Jika Anda menyukai kopi dengan citarasa kuat, Chemex akan memberi pengalaman luar biasa di tiap seduhan kopi; rasa dan aroma khas tiap jenis kopi akan dipertajam, sehingga Anda akan menikmati rasa unik kopi bahkan tanpa gula.

Chemex merupakan perusahaan keluarga, yang sekarang dikelola oleh dua bersaudara Eliza dan Adams Grassy. Chemex adalah buah pikiran ahli kimia imigran Jerman, Peter Schlumbohn. Ketika pertama kali tiba di Amerika, Dr. Schlumbohn merasa bahwa kopi yang diminumnya kurang bisa menonjolkan kualitas rasa dan aroma khas biji kopi. Ia pun berinisiatif membuat penyeduh yang bukan hanya mampu menonjolkan rasa dan aroma kopi, namun juga membuat bahkan amatiran menjadi mampu menyeduh kopi enak. Hal ini karena Chemex terkenal sanga mudah digunakan, tidak seperti beberapa jenis penyeduh kopi lain yang cenderung membuat takut orang yang belum pernah membuat kopi dengan alat seduh.

Kepopuleran Chemex di Amerika

Chemex menarik perhatian karena keunikan bentuk serta rasa kopi yang dihasilkan, dan sejak pertama kali dipasarkan pada 1941, Chemex dengan cepat meraih kepopuleran yang luar biasa. Bahkan, 3 tahun setelah debutnya, Chemex menjadi koleksi Museum of Modern Art. Selain Chemex, Dr. Schlumbohn juga mematenkan benda-benda unik lain seperti Tubadripdrip yang merupakan penyeduh teh dan kopi sekaligus mikser koktil, dan alat pendingin anggur otomatis.

Chemex sempat mengalami hambatan dalam pemasaran ketika alat penyeduh kopi elektrik mulai populer, namun tren di kalangan pecinta kopi sejati yang mementingkan rasa dan aroma dari secangkir kopi hitam sederhana membuat Chemex kini kembali berkibar. Banyak kafe independen yang menjual kopi spesialti mulai memajang penyeduh manual untuk menyuguhkan kopi terbaik, dan Chemex kembali menjadi salah satu alat penyeduh kopi primadona.

(red/philocoffee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *