Berwisata di National Coffee – Kedai Mas Bejo

Ber wisata NGOPI ?

Jika anda bertanya, adakah alternatif destinasi wisata yang berbeda ? tentu saja masih cukup banyak jenis wisata yang mungkin belum anda coba, salah satunya adalah wisata ngopi.

Wisata ngopi ? minum kopi di tempat wisata ? atau mungkin ber wisata ke kebun kopi ?
Atau mungkin coba kita ulas dulu, beberapa hal tentang kopi. Ada 4 (empat) jenis utama kopi yakni : ArabicaRobustaExcelsa, dan Liberica. Namun masyarakat lebih mengenal kopi berdasarkan daerah penghasilnya. Seperti biasa dikenal dengan sebutan kopi dampit, kopi banyuwangi, kopi jember, dan kopi kopi lainnya, walaupun jenis kopinya sama yakni robusta atau mungkin arabika.
Menikmati kopi bukan dengan cara instan, bisa menjadi alternatif wisata yang berbeda, wisata ngopi.
Bagaimanakah sebaiknya kita ngopi ? setidaknya kita bisa mencoba ngopi, dengan dimulai dari, kita memilih biji kopi pilihan kita sendiri. Cukup banyak tempat menyediakan biji kopi yang sudah di roasting, atau dikenal dengan nama roast bean. Dengan membeli biji kopi yang telah di roasting, bisa meyakinkan diri kita bahwa kopi yang akan kita proses benar-benar biji kopi tanpa campuran apapun, dan kita juga benar-benar tahu bahwa kopi yang akan kita konsumsi dalam kondisi layak konsumsi.

Biji kopi yang kita beli dalam kondisi roast bean ini, bisa kita giling sendiri dengan cara manual atau menggunakan alat seadanya. Kopi bubuk yang telah siap, bisa kita seduh dimanapun, dan dengan cita rasa yang pasti  luar biasa. Proses seduh sendiri ada cukup banyak cara, namun pilihan menggunakan cara seduh yang tepat, adalah pilihan kita sendiri.

Dengan melakukan proses penggilingan dan seduh di lokasi dengan view yang indah, bersama keluarga, akan menjadi alternatif wisata yang sangat menyenangkan dan menjadi pengalaman yang tersendiri.

Menyeduh kopi sendiri, apa saja sih alat yang dibutuhkan, apakah ada takaran khusus agar kopi yang kita hidangkan bagi keluarga di alam terbuka yang kita pilih, benar benar sesuai selera kita ?
Jika membutuhkan pengetahuan tentang kopi, tentu saja kita butuh edukasi, wah… biaya dong…
Tidak juga… tidak selalu edukasi selalu berbiaya mahal, bahkan cukup banyak penggiat kopi yang dengan sukarela memberikan edukasi tentang kopi, mulai dari cara pemilihan biji yang baik, kebutuhan alat utamanya, cara seduh yang tepat, serta ukuran yang bisa kita jadikan sebagai acuan pembuatan kopi nikmat, dengan tanpa biaya.
Di kota malang ada beberapa kedai yang bisa kita tuju untuk menikmati kopi sekaligus mendapatkan edukasi tentang kopi.

 

National Coffee, milik barista yang biasa dipanggil dengan nama mas Bejo, beralamat  di  jl.raya candi 6 no.193c Malang, selain menyediakan cukup banyak jenis kopi, coffee shop yang dihiasi dengan sebuah kendaraan angkutan kota yang dulu pernah digunakan saat berjualan di tepi jalan, juga memberikan layanan edukasi kopi.
Kita bisa bertanya banyak hal tentang kopi, cara penggunaan alat pemrosesan kopi, dan lain-lain. Tempat ini selain nikmat sajiannya, juga menjadi tempat yang tempat untuk berdiskusi tentang banyak hal, utamanya tentang kopi. Mau mencoba sendiri membuat latte art ? kita akan dipandu dengan cukup baik disini. Menikmati kopi menjadi sebuah cerita tersendiri, jika kita terlibat didalam prosesnya.

Kedai kopi yang lain yang bisa kita tuju jika ngopi di kota malang adalah, kedai kopi tjap giling, milik mas Handoko, yang beralamat di Jalan Candi 5c Malang , filosofinya ingin menyampaikan bahwa kalau ngopi dari biji roasting digiling dulu, baru diseduh.

Kedai kopi ini selain enak untuk ngopi, juga tempat yang tepat untuk membangkitkan kembali kenangan pada rumah jaman dulu. Disini kita juga bisa bertanya banyak hal tentang kopi, dan kita diperkenankan untuk mencoba sendiri, memproses kopi pilihan kita.

Jadi, bukankah menarik kita mencoba wisata baru ini ? wisata Ngopi, menikmati kopi dengan cara yang benar, bisa kita lakukan dimanapun. Bagi yang ingin berburu kopi gratis dan edukasi tentang kopi, jangan pernah lupa juga, disetiap bulan April, di kota Malang selalu ada gelar acara Malang Sejuta Kopi. Di bulan April di banyak kedai yang bergabung dalam gelaran ini, disajikan kopi gratis tanpa syarat, dan lagi, kita bisa mendapatkan edukasi kopi gratis pula. Tapi jangan kuatir, edukasi tentang kopi, masih tetap bisa kita dapatkan secara gratis walaupun bukan bulan April di kota Malang. Mari ngopi, nikmati kopi yang sehat, berwisata ngopi bersama keluarga. (idub/mlg)

 

National Coffee –  jl.raya candi 6 no.193c Malang

 

2 thoughts on “Berwisata di National Coffee – Kedai Mas Bejo

    • September 20, 2017 at 10:04 am
      Permalink

      Amin….

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *