Afrika – Kenya Negara Penghasil Kopi

Kopi dari negara kenya menawarkan kopi dengan karakter aroma, dan acidity yang sangat kuat. Rasa dari tiap daerah di Kenya sukar untuk dikalisifikasikan, tetapi, secara umum citarasa yang ada ialah citarasa fruity yang kompleks dengan catatan berry, citrus acidity dan kaya akan tekstur.

Hanya terdapat 330 lahan pertanian di Kenya dengan luas area kurang lebih seluas  15 hektar. Lebih dari setengah area tersebut  adalah lahan kecil yang dimana dimiliki oleh petani kopi yang hanya mempunyai beberapa hektar pada area tersebut, dari banyak petani kopi dengan lahan-lahan pertanian yang kecil,  dapat dibentuk grup yang anggotanya saling berbagi tempat pengolahan kopi untuk proses pasca panen dan dimana tempat pengolahan pasca panen tersebut biasanya dimiliki oleh koperasi . Setiap tempat pengolahan kopi  menerima buah kopi matang dari ratusan sampai dengan beberapa ribu petani kopi pada setiap panennya.

Kenya membudidayakan varietas Arabika, dengan jenis  SL, K7, dan Ruiru. Sebagian besar kopi  yang diekspor dari Kenya adalah kopi dengan proses pasca panen washed dan biasanya sebagian kecil dilakukan dalam proses pasca panen natural, yang umumnya dikonsumsi hanya untuk kebutuhan domestik. Setelah melalui tahap proses pasca panen, biji kopi akan diperdagangkan setiap minggunya dalam acara lelang, eksportir atau pembeli akan menawar kopi yang mereka sudah uji rasa dengan contoh kopi yang sudah mereka dapatkan seminggu sebelum acara lelang dilakukan.

Fakta Kopi Kenya

Persentase ekspor untuk pasar luar negeri Tipe utama kopi Waktu panen Proses pasca panen Peringkat dunia sebagai produsen kopi
0,5% Arabika– SL 28, SL 34, K7, Ruiru 11, Batian Oktober – Desember Basah dan sebagian kecil natural Peringkat 22 sebagai produsen kopi dunia

 

Daerah di Kenya yang terkenal sebagai penghasil kopi :

  1. Nyeri : kawasan yang didominasi oleh tempat pengolahan kopi dan koperasi, iklim daerah dengan tingkat hujan yang sedang, membuat kawasan Nyeri dan sekitarnya terkenal dengan biji kopi kualitas tinggi, dan yang terbesar didaerah ini adalah dari jenis SL.
  2. Embu : dengan tanah vulkanik yang kaya akan unsur hara, Daerah Embu didominasi juga oleh tempat pengolahan , koperasi dan pusat penelitian untuk mengembangkan berbagai macam varietas.
  3. Meru : terletak di sebelah timur dari pegunungan Kenya, Meru mempunyai komposisi tanah yang sangat kaya akan elemen organik, curah hujan yang cukup untuk mengembangkan kopi jenis K7 dan jenis SL menjadi kopi dengan kualitas yang baik.
  4. Marsabit : daerah ini tidak menghasilkan banyak kopi untuk diekspor, tetapi ini daerah dimana jenis Rubiaceace ditemukan, bukan ditempat lain di Kenya. Penelitian dan konservasi  yang dilakukan pada kopi dengan jenis  ini akan menguntungkan untuk memperkaya khasanah perkopian dunia.

2 thoughts on “Afrika – Kenya Negara Penghasil Kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *