Afrika – Burundi Negara Penghasil Kopi

Memproduksi kopi dengan kopi bercitarasa  soft, floral, dan swetly citrus sampai chocolate dan nutty, Burundi menawarkan profile yang berbeda dari setiap daerah penghasil kopinya, atas dasar citarasa kopi yang beranekaragam inilah yang menarik minat dari perusahaan-perusahaan kopi specialty untuk menjalin hubungan perdagangan dengan Burundi.

Burundi membudidayakan kopi sejak tahun 1930, dan tidak sulit bagi kopi Burundi mendapatkan pelanggan dari pecinta kopi di dunia. Kendala yang terjadi di sektor pertanian kopi Burundi adalah diantaranya, petani kopi berjuang keras untuk bertahan dari iklim politik yang tidak stabil, dan kendala lain yang menunggu setelah itu ialah tentu dengan iklim politik yang tidak stabil, pembeli kopi akan semakin kesulitan untuk menjalin kerjasama dengan para petani maupun pedagang kopi Burundi untuk akhirnya membeli kopi-kopi Burundi .

Kopi dengan varietas  robusta di Burundi  hanya berkembang di beberapa daerah pertanian dan hanya dalam skala yang  kecil, sedangkan mayoritas kopi Burundi adalah dari varietas Arabika dengan jenis bourbon (mayoritas tanaman kopi di Burundi, jenis ini diperkenalkan pertama kali oleh misionaris Perancis), jackson, atau mibirizi dengan teknik pasca panen yang dilakukan adalah teknik  washed, kebanyakan petani  Burundi mengembangkan tanaman kopi dengan pertanian organik, hal itu bukan direncanakan sejak awal menanam kopi, tetapi lebih dikarenakan dana yang ada untuk melakukan perawatan dengan membeli  pupuk kimia dan juga pestisida tidak tersedia.

Terdapat sekitar 600.000 petani dengan lahan kecil dengan rata-rata  satu petani mempunyai 200-300 pohon kopi, yang juga pada umumnya di lahan pertanian kopi Burundi, petani tersebut juga menanam sayur mayur diantara tanaman kopi dan juga memelihara ternak.

Setelah tanaman kopi dipanen, petani  kopi akan mengirimkannya ke tempat pencucian. Tempat pencucian tersebut biasanya milik dari salah satu perusahaan dibidang logistik yang juga berkecimpung dalam bisnis kopi, tetapi lebih ke pendistribusian kopi tersebut.

Tanaman kopi di Burundi dulu pernah dilanda penyakit yang menjangkiti tanaman kopi yang sering disebut “potato defect”, dimana rasa kopi yang ada akan terasa seperti kentang mentah, tetapi peneliti lokal saat itu mampu untuk mengurangi masalah tersebut pada tanaman kopi yang terdapat di Burundi.

Fakta kopi Burundi

Persentase ekspor untuk pasar luar negeri Tipe utama kopi Waktu panen Proses pasca panen Peringkat dunia sebagai produsen kopi
0,5% Arabika– 96%(Bourbon, Jackson, Miribizi)

Robusta – 4 %

Arabica : February – June

 

Washed Peringkat 31 sebagai produsen kopi dunia

 

Daerah di Burundi yang terkenal sebagai penghasil kopi

  1. Mumirwa : daerah di pegunungan Kumugaruto, terdapat di sebelah baratdaya dari Kibira National Park, daerah ini mempunyai dataran yang sangat cocok untuk berkembangnya tanaman kopi, dan kemungkinan besar akan menghasilkan kopi yang berkualitas tinggi.
  2. Kirimiro : terletak dekat dengan pusat kota Burundi, yaitu Gitega, di daerah ini terdapat tempat pengolahan pencucian kopi di dataran tinggi Burundi.
  3. Kayanza : terletak di sebelah Utara Burundi, berbatasan langsung dengan Rwanda. Biji kopi didaerah ini mempunyai kualitas yang sangat baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *